Respon Cepat Dinas Sosial Kabupaten Tegal Jangkau Mbah Sangkin yang tinggal di dekat makam suaminya

By Dinas Sosial Kab. Tegal 20 Agu 2022, 17:28:45 WIB
Respon Cepat Dinas Sosial Kabupaten Tegal Jangkau Mbah Sangkin yang tinggal di dekat makam suaminya

Gambar : Bantuan sosial berupa Sembako dari Kementerian Sosial RI


Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Dinas Sosial melakukan penjangkuan terhadap ramainya kabar Lanjut Usia bernama Mbah Sangkin (80th) yang bangun rumah disamping makam suaminya di Rt 23/10  Desa Margamulya Kec. Kedungbanteng Kabupaten Tegal, Jumat (19/08/2022).

Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal, Nurhayati menjelaskan hasil asesmen di lapangan bahwa Mbah Sangkin mempunyai 5 (lima) anak laki-lai  tetapi sudah meninggal semua sementara suaminya sudah meninggal 4 tahun lalu. Dari 5 (lima) anak laki-lakinya, Mbah sangkin mempunyai 2 cucu tetapi keberadaan wilayahnya yang jauh sehingga untuk menjenguknya tidak tentu. “Mbah Sangkin tinggal seorang diri di bangunan semi permanen 3x6 m yang direnovasi hasil donasi para youtuber, dengan kepemilikan tanah yang sudah bukan miliknya lagi karena sudah dijual kepada orang lain dengan perjanjiian sampai Mbah Sangkin meninggal dunia. Untuk penerangan rumah sudah dipasang listrik dan sumber air yang berasal dari sumur bor dibelakang rumah serta MCK yang semi permanen”, tambah Nurhayati.

Berita yang beredar bahwa rumah mbah Sangkin tidak berada di samping makam suaminya atau di dalam areal pemakaman seperti yang diberitakan, tetapi letak rumah di luar areal pemakaman. Mbah sangkin tidak ingin meninggalkan tempat yang sudah ditempatinya saat ini karena menyimpan banyak kenangan dan kebersamaan bersama suaminya.

Sementara itu, Kepala Desa Margamulya Kec Kedungbanteng Djamiri menambahkan bahwa mbah sangkin untuk kebutuhan sehari - hari tidak jarang mendapat kiriman atau belas kasih dari warga sekitar. Terkadang juga membeli makanan sendiri dari hasil meminta – minta di jalan depan rumahnya yang banyak lalu lalang warga berkendara.

Djamiri juga menambahkan bahwa bantuan yang didapat mbah Sangkin yaitu penerima  Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa dengan nominal Rp.300.000/bln, selain itu sebelumnya juga mendapat bantuan PKH dan Bantuan Sembako/BPNT. Setelah suaminya meninggal selama 2 tahun terakhir ini nenek sangkin tidak lagi mendapatkannya karena nama penerima bantuan yang tercantum adalah nama suaminya. Kami juga akan membantu fasilitasi pembuatan adminduk untuk mendapatkan lagi bantuan pemerintah dan bisa mendapatkan Jaminan Kesehatan berupa Kartu Indonesia Sehat”, ucapnya.

Kegiatan Penjangkauan ini melibat Petugas dari Kemensos RI dalam hal ini Balai Sentra Satria Baturraden yang juga memberikan bantuan sosial berupa sembako, Kabid Rehabilitasi Sosial, Kepala Desa Margamulya dan TKSK Kec. Kedungbanteng. Semoga mbah Sangkin dapat hidup lebih layak dan mendapat bantuan sosial dari pemerintah untuk membantunya dalam memenuhi kebutuhan sehari hari.




Berita Terpopuler

Informasi

BDT

Basis Data Terpadu

“ Basis Data Terpadu (BDT) adalah sistem data elektronik berisi data nama dan alamat yang memuat informasi sosial, ekonomi, dan demografi dari individu dengan status kesejahteraan terendah di Indonesia. ”

Periksa NIK, apakah sesuai dengan Data Kependudukan

LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik)

KEMENSOS RI

(Kementerian Sosial Republik Indonesia)

DINSOS PROV JATENG

(Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah)

Pemda Kab Tegal

(Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal)

Tentang Kami

Kami memiliki komitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada Anda dan selalu berusaha untuk menyediakan produk dan layanan terbaik yang Anda butuhkan.

Lokasi kantor

Jalan Jendral Ahmad Yani, Procot, Tegal, Procot, Kec. Slawi, Tegal, Jawa Tengah 52412

(0283) 491379

dinsoskabtegal@gmail.com