BANTUAN SOSIAL JAMINAN HIDUP BAGI LANJUT USIA DISALURKAN

By Dinas Sosial Kab. Tegal 10 Jun 2022, 10:37:35 WIB
BANTUAN SOSIAL  JAMINAN HIDUP BAGI LANJUT USIA DISALURKAN

Gambar : Pendistribusian Bantuan Sosial Jaminan Hidup bagi Lanjut Usia Kabupaten Tegal Oleh Pendamping bersama Perangkat Desa dan Bhabinkamtibmas .


Jum’at, 10/06/2022 Sebanyak 600 Lanjut usia di Kabupaten Tegal  terima Bantuan Sosial Jaminan Hidup bagi Lanjut Usia Kabupaten Tegal.  Bantuan tersebut merupakan salah satu Program unggulan dari Bupati Tegal yaitu Jaminan Hidup.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal, Nurhayati mengatakan bahwa di tahun 2022 ini sebanyak 600 lanjut usia mendapatkan bantuan tersebut yang tersebar diseluruh Kecamatan di Kabupaten Tegal dan   semuanya sudah dilakukan verifikasi oleh Pendamping dan layak mendapatkan bantuan. Bantuan ini bersumber dari Anggaran Belanja dan Pendapatn Daerah Kabupaten Tegal Tahun 2022 dengan jumlah total anggaran sebesaar Rp. 1.800.000.000,- (Satu milyar delapan ratus juta rupiah).

“Besaran bantuan yang diterima yaitu Rp. 250.000,- per bulan yang akan diterima selama satu tahun penuh. Sedangkan pendistribusiannya diberikan setiap dua bulan sekali yang dibantu oleh para Pendamping Bansos Jadup Lansia. Mekanisme Pencairan bantuan sosial jadup lansia yaitu melalui Virtual Account Bank Jateng Cabang Slawi yang dicairkan oleh para Pendamping  yang kemudian langsung diserahkan ke masing – masing penerima bantuan” imbuh Nurhayati.

Sementara itu, Plt Kabid Rehabilitasi Sosial menambahkan bahwa Bantuan Sosial Jaminan hidup Lanjut Usia Tahun 2022 sudah disalurkan 2 (dua) tahap dimana tahap satu yaitu pada bulan Januari dan Februari disalurkan pada tanggal 05 s/d 11 April 2022 dan tahap dua yaitu pada bulan Maret dan April  mulai  07 Juni s/d 11 Juni 2022.

“Dari Jumlah 600 Lanjut Usia Penerima  Bansos Jadup Lansia Tahun 2022  sudah ada 25 Lansia yang tidak bisa disalurkan lagi bantuannya dikarenakan 3 Lansia Pindah Domisili dan 22 Lansia telah meninggal dunia. Bantuan tersebut tidak bisa diberikan kepada ahli waris dan tidak bisa digantikan oleh yang lain sesuai dengan Peraturan Bupati Tegal  No 16 tahun 2020  Tentang Petunjuk Teknis Pemberian Bansos Jadup bagi Lansia Kab Tegal” tambah Joko.

Semoga dengan adanya Program Bantuan Sosial Jaminan Hidup Lanjut Usia para Lanjut Usia di Kabupaten Tegal dapat membantu memenuhi  kebutuhan dasarnya.




Berita Terpopuler

Informasi

BDT

Basis Data Terpadu

“ Basis Data Terpadu (BDT) adalah sistem data elektronik berisi data nama dan alamat yang memuat informasi sosial, ekonomi, dan demografi dari individu dengan status kesejahteraan terendah di Indonesia. ”

Periksa NIK, apakah sesuai dengan Data Kependudukan

LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik)

KEMENSOS RI

(Kementerian Sosial Republik Indonesia)

DINSOS PROV JATENG

(Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah)

Pemda Kab Tegal

(Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal)

Tentang Kami

Kami memiliki komitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada Anda dan selalu berusaha untuk menyediakan produk dan layanan terbaik yang Anda butuhkan.

Lokasi kantor

Jalan Jendral Ahmad Yani, Procot, Tegal, Procot, Kec. Slawi, Tegal, Jawa Tengah 52412

(0283) 491379

dinsoskabtegal@gmail.com