UPTD LOKA BINA KARYA

KEPALA UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH LOKA BINA KARYA KELAS A

A. TUGAS  POKOK DAN  FUNGSI :     

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Loka Bina Karya Kelas A mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam melakukan pengelolaan Loka Bina Karya. Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Loka Bina Karya Kelas A mempunyai fungsi :

  1. perumusan kebijakan pengelolaan dan pelayanan Unit Pelaksana Teknis Daerah Loka Bina Karya Kelas A;
  2. pengoordinasian dan pelaksanaan kebijakan pengelolaan dan pelayanan Unit Pelaksana Teknis Daerah Loka Bina Karya Kelas A;
  3. pembinaan, pengawasan, dan pengendalian kebijakan di bidang pengelolaan dan pelayanan Unit Pelaksana Teknis Daerah Loka Bina Karya Kelas A;
  4. pengelolaan dan fasilitasi kegiatan di bidang pengelolaan dan pelayanan Unit Pelaksana Teknis Daerah Loka Bina Karya Kelas A;
  5. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan kegiatan pengelolaan dan pelayanan Unit Pelaksana Teknis Daerah Loka Bina Karya Kelas A;
  6. pelaksanaan administrasi pengelolaan dan pelayanan Unit Pelaksana Teknis Daerah Loka Bina Karya Kelas A; dan
  7. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan di bidang pengelolaan dan pelayanan unit pelaksana teknis daerah Loka Bina Karya Kelas A.

B. URAIAN TUGAS  :

  1. menyusun rencana kegiatan Unit Pelaksana Teknis Daerah berdasarkan tugas, permasalahan dan regulasi-kebijakan yang berkenaan dengan pelayanan umum masyarakat bidang loka bina karya sebagai bahan penyusunan Renstra serta Renja dan anggaran perangkat daerah;
  2. melaksanakan penghimpunan, pengumpulan, dan pengolahan data teknis Unit Pelaksana Teknis Daerah secara periodik dan lengkap untuk dipergunakan sebagai bahan pengembangan kebijakan kegiatan Unit Pelaksana Teknis Daerah;
  3. merumuskan konsep kebijakan teknis yang berkenaan dengan pelayanan umum masyarakat bidang loka bina karya berdasarkan kebijakan dan arahan pimpinan agar kebijakan teknis dapat tersusun dengan tepat;
  4. menyelenggarakan koordinasi kegiatan pelayanan umum masyarakat bidang loka bina karya secara internal dan dengan instansi/lembaga terkait untuk mendapatkan kesamaan persepsi agar terjalin kerjasama dalam pelaksanaan tugas;
  5. mengoordinasikan dan mengendalikan seluruh kegiatan Unit Pelaksana Teknis Daerah melalui rapat/pertemuan agar terjalinintegrasi, sinkronisasi, sinergi dan akuntabilitas serta kerjasama dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Unit Pelaksana Teknis Daerah;
  6. melakukan penyiapan kebutuhan perangkat keras dan lunak pelatihan guna kelancaran penyelenggaraan pelatihan bagi penyandang disabilitas;
  7. melakukan kunjungan/anjangsana pada tokoh masyarakat formal dan informal, guna memperoleh dukungan dan kesepakatan operasional penyelenggaraan bimbingan dan pelatihan bagi penyandang disabilitas;
  8. melakukan koordinasi, hubungan kerjasama dan kemitraan dengan instansi/lembaga terkait, organisasi sosial/LSM, dan dunia usaha dalam penyelenggaraan bimbingan dan pelatihan bagi penyandang disabilitas, yang akan dan/atau telah dibina di Loka Bina Karya;
  9. melakukan bimbingan sosial dan pelatihan ketrampilan bagi penyandang disabilitas;
  10. melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pelatihan berdasarkan tolok ukur keberhasilan pelatihan;
  11. melakukan pengolahan data penyandang disabilitas sebagai bahan analisis dan evaluasi pelaksanaan kegiatan kesejahteraan sosial di Loka Bina Karya;
  12. melakukan pembinaan dan fasilitasi layanan bagi penyandang disabilitas;
  13. melakukan penyiapan perlengkapan, yang meliputi perencanaan kebutuhan, pengadaan, penyaluran dan inventarisasi pemeliharaan sarana prasarana Unit Pelaksana Teknis Daerah Loka Bina Karya Kelas A;
  14. menyiapkan bahan dan menyusun konsep SOP kegiatan Unit Pelaksana Teknis Daerah untuk peningkatan kualitas pelayanan publik;
  15. melakukan pembinaan ketatausahaan Unit Pelaksana Teknis Daerah;
  16. menyiapkan bahan koordinasi dan pengelolaan teknis bidang loka bina karya meliputi kelembagaan, ketenagaan, dan sarana prasarana;
  17. melaksanakan inventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan pengelolaan dan pelaksanaan tugas Unit Pelaksana Teknis Daerah Loka Bina Karya, serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  18. melaksanakan kerjasama dengan instansi terkait dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan kedinasan untuk tercapainya pelaksanaan program;
  19. melaksanakan monitoring dan evaluasi program dan kegiatan Unit Pelaksana Teknis Daerah agar dapat berjalan efisien dan efektif;
  20. mengevaluasi pelaksanaan tugas Unit Pelaksana Teknis Daerah berdasarkan rencana dan realisasinya untuk mengetahui tingkat pencapaian program dan bahan pengambilan keputusan pimpinan;
  21. menghadiri rapat-rapat intern maupun ekstern dengan memberi usul, saran, dan pendapat sebagai masukan dalam pengambilan keputusan dan kesimpulan rapat;
  22. melakukan koordinasi penyiapan bahan penyusunan LKJ, LKPJ, LPPD, dan laporan kedinasan lainnya di bidang ketugasan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk ketepatan laporan instansi;
  23. memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan baik diminta atau tidak diminta dalam rangka pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah di bidang ketugasan;
  24. memaraf naskah dinas sesuai tugas dan kewenangannya untuk pertanggungjawaban naskah dinas di bidang ketugasan;
  25. membuat laporan pelaksanaan tugas Unit Pelaksana Teknis Daerah sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai pertanggungjawaban dan bahan rencana yang akan datang; dan
  26. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

 

KEPALA SUBBAGIAN TATA USAHA UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI  :

Kepala Subbagian Tata Usaha Unit Pelaksana Teknis Daerah mempunyai tugas pokok membantu Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah dalam melakukan penyiapan bahan penyusunan Renja, dan ketatausahaan Unit Pelaksana Teknis Daerah. Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Subbagian Tata Usaha Unit Pelaksana Teknis Daerah mempunyai fungsi :

  1. penyiapan bahan penyusunan Renja Unit Pelaksana Teknis Daerah;
  2. pelaksanaan koordinasi pengelolaan ketatausahaan Unit Pelaksana Teknis Daerah;
  3. pelaksanaan kegiatan ketatausahaan di Unit Pelaksana Teknis Daerah; dan
  4. pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas subbagian tatausaha Unit Pelaksana Teknis Daerah.

 B. URAIAN TUGAS  :

  1. menyiapkan bahan penyusunan renja Unit Pelaksana Teknis Daerah;
  2. melakukan koordinasi pelaksanaan kegiatan ketatausahaan di Unit Pelaksana Teknis Daerah;
  3. melakukan pengelolaan urusan rumah tangga, perlengkapan, humas dan protokol Unit Pelaksana Teknis Daerah;
  4. melakukan pengelolaan urusan kepegawaian Unit Pelaksana Teknis Daerah;
  5. melakukan pengelolaan urusan keuangan Unit Pelaksana Teknis Daerah;
  6. menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan pengelolaan ketatausahaan Unit Pelaksana Teknis Daerah, serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  7. melakukan pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas; dan
  8. melakukan tugas lain yang diberikan oleh kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah sesuai dengan paraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tentang Kami

Kami memiliki komitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada Anda dan selalu berusaha untuk menyediakan produk dan layanan terbaik yang Anda butuhkan.

Lokasi kantor

Jalan Jendral Ahmad Yani, Procot, Tegal, Procot, Kec. Slawi, Tegal, Jawa Tengah 52412

(0283) 491379

dinsoskabtegal@gmail.com