BIDANG PERLINDUNGAN DAN JAMINAN SOSIAL

KEPALA BIDANG PERLINDUNGAN DAN JAMINAN SOSIAL

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kepala Bidang Perlindungan, Jaminan Sosial dan Kebencanaan mempunyai tugas pokok membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan pelayanan Perlindungan, Jaminan Sosial dan Kebencanaan.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kepala Bidang Perlindungan, Jaminan Sosial dan Kebencanaan mempunyai fungsi :

  1. perumusan kebijakan di bidang Perlindungan, Jaminan Sosial dan Kebencanaan;
  2. pengoordinasian dan pelaksanaan kebijakan di bidang Perlindungan, Jaminan Sosial dan Kebencanaan;
  3. pembinaan, pengawasan, dan pengendalian kebijakan di bidang Perlindungan, Jaminan Sosial dan Kebencanaan;
  4. pengelolaan dan fasilitasi kegiatan di bidang Perlindungan, Jaminan Sosial dan Kebencanaan;
  5. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang Perlindungan, Jaminan Sosial dan Kebencanaan;
  6. pelaksanaan administrasi di bidang Perlindungan, Jaminan Sosial dan Kebencanaan; dan
  7. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas di bidang Perlindungan, Jaminan Sosial dan Kebencanaan

B. URAIAN TUGAS :

  1. mengoordinasikan penyusunan Renja bidang berdasarkan renstra, renja, usulan kelompok unsur yang ada dan skala prioritas untuk kejelasan rencana;
  2. mengoordinasikan penyusunan kebijakan umum dan teknis bidang berdasarkan usulan kelompok unsur yang ada dan skala prioritas untuk pedoman pelaksanaan tugas;
  3. mengoordinasikan pengumpulan, pengolahan dan penelaahan data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional;
  4. mengoordinasikan pelaksanaan program penanganan korban bencana, pendayagunaan tagana dan relawan sosial pada saat tanggap darurat;
  5. mengoordinasikan penyediaan makanan, sandang, dan tempat penampungan pengungsi;
  6. mengoordinasikan penyelenggaraan pemberdayaan masyarakat terhadap kesiapsiagaan bencana.
  7. mengoordinasikan pelaksanaan pengendalian dan pengawasan pendamping program penanganan fakir miskin;
  8. mengordinasikan pengelolaan dan pemutakhiran data terpadu kesejahteraan sosial berbasis teknologi informasi.
  9. mengoordinasikan pengelolaan sistem informasi bidang sosial.
  10. mengoordinasikan pelaksanaan pelayanan jaminan sosial bagi fakir miskin.
  11. mengoordinasikan fasilitas bantuan sosial kesejahteraan keluarga dan bantuan pengembangan ekonomi masyarakat;
  12. mengoordinasikan pelaksanaan verifikasi dan validasi data terpadu kesejahteraan sosial;
  13. mengoordinasikan pelaksanaan rekomendasi pemberian bantuan sosial bagi individu/kelompok/masyarakat yang mengalami resiko social;
  14. mengoordinasikan pelaksanaan rekomendasi pembebasan biaya perawatan bagi keluarga miskin;
  15. mengoordinasikan pelaksanaan rekomendasi pemberian bantuan biaya hidup bagi penunggu pasien keluarga miskin;
  16. mengoordinasikan pelaksanaan rekomendasi pemberian bantuan transport bagi orang yang kehabisan bekal dalam perjalanan.
  17. mengoordinasikan layanan penjangkauan, rujukan dan pemantauan terhadap anak terlantar berbasis keluarga, lembaga dan masyarakat.
  18. mengoordinasikan pelaksanaan kerjasama dengan pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota lainnya, dalam upaya meningkatkan pelayanan perlindungan, jaminan sosial dan kebencanaan;
  19. mengoordinasikan inventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan perlindungan, jaminan sosial dan kebencanaan serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  20. menyelia pelaksanaan tugas bidang dengan mengarahkan bawahan untuk optimalisasi tugas;
  21. melaksanakan pengendalian, monitoring dan evaluasi program bidang agar dapat berjalan efisien dan efektif;
  22. mengoordinasikan penyiapan bahan penyusunan LKJ, LKPJ, LPPD, dan laporan kedinasan lainnya di bidang ketugasan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk ketepatan laporan instansi;
  23. mengoordinasikan penyiapan bahan penyusunan LKJ, LKPJ, LPPD, dan laporan kedinasan lainnya di bidang ketugasan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk ketepatan laporan instansi;
  24. memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan dalam rangka pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah di bidang ketugasan;
  25. memaraf naskah dinas sesuai tugas dan kewenangannya untuk keabsahan naskah dinas di bidang ketugasan;
  26. mengoordinasikan penyusunan laporan pelaksanaan tugas bidang sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai pertanggungjawaban dan bahan rencana yang akan datang; dan
  27. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

 

KELOMPOK UNSUR PENGELOLAAN DATA DAN ANAK TERLANTAR

A. TUGAS DAN FUNGSI :

Kelompok Unsur Pengelolaan Data dan Anak Terlantar mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Perlindungan, Jaminan sosial dan Kebencanaan; dalam melaksanakan pelayanan perlindungan, jaminan social, pelayanan penjangkauan, rujukan serta pemantauan anak terlantar. Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kelompok Unsur Pengelolaan Data dan Anak Terlantar mempunyai fungsi melaksanakan sebagian tugas Kepala Bidang Perlindungan, Jaminan Sosial dan Kebencanaan dalam penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pengoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian, pengelolaan, fasilitasi, evaluasi dan pelaporan kegiatan di Kelompok Unsur Pengelolaan Data dan Anak Terlantar.

B. URAIAN TUGAS :

  1. menyusun Renja kelompok unsur pengelolaan data dan anak terlantar berdasarkan Renstra, Renja, dan sumber data yang ada untuk digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas;
  2. mengoordinasikan penyusunan kebijakan teknis operasional berdasarkan skala prioritas untuk pedoman pelaksanaan tugas;
  3. melakukan pengumpulan, pengolahan dan penelaahan data/informasi sebagai bahan perumusan kebijakan umum dan teknis operasional;
  4. menyiapkan bahan sebagai pertimbangan pemberian bantuan sosial bagi individu/kelompok/ masyarakat yang mengalami resiko sosial;
  5. melaksanakan pengendalian dan pengawasan pendamping sosial dalam melaksanakan tugas pendampingan program penanganan fakir miskin;
  6. melaksanakan bimbingan keterampilan dan pengelolaan Usaha Ekonomi Produktif bagi fakir miskin;
  7. melaksanakan identifikasi, pemetaan dan penataan lingkungan fakir miskin;
  8. melaksanakan kegiatan pelayanan jaminan sosial bagi fakir miskin;
  9. melaksanakan pengelolaan dan pemutakhiran data terpadu kesejahteraan sosial berbasis teknologi informasi;
  10. melaksanakan pengelolaan sistem informasi bidang sosial;
  11. melaksanakan layanan penjangkauan dan pemantauan terhadap keberfungsian sosial bagi anak terlantar dan keluarganya;
  12. melaksanakan rujukan bagi anak terlantar dari keluarga, masyarakat atau lembaga untuk dilakukan pengasuhan dalam lembaga;
  13. melaksanakan pengembangan ketrampilan anak terlantar;
  14. melaksanakan inventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan kelompok unsur pengelolaan data dan anak terlantar, serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  15. melaksanakan kerjasama dengan instansi terkait dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan kedinasan untuk mendukung pelaksanaan tugas;
  16. menyiapkan bahan dan menyusun konsep sop kegiatan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik;
  17. melaksanakan pengendalian, monitoring dan evaluasi kegiatan berdasarkan rencana dan realisasinya untuk mengetahui tingkat pencapaian dan bahan pengambilan keputusan pimpinan;
  18. menyelia penyiapan bahan penyusunan lkj, lkpj, lppd, dan laporan kedinasan lainnya di bidang ketugasan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk ketepatan laporan instansi;
  19. memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan dalam rangka pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah di bidang ketugasan;
  20. memaraf naskah dinas sesuai tugas dan kewenangannya untuk keabsahan naskah dinas di bidang ketugasan;
  21. membuat laporan pelaksanaan tugas sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai pertanggungjawaban dan bahan rencana yang akan datang; dan
  22. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya dengan penuh tanggungjawab;

 

KELOMPOK UNSUR PENANGANAN BENCANA

A. TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

Kelompok Unsur Penanganan Bencana mempunyai tugas pokok membantu Kepala Bidang Perlindungan, Jaminan Sosial dan Kebencanaan dalam pelayanan perlindungan sosial bagi korban bencana, penyelenggaraan pemberdayaan masyarakat terhadap kesiapsiagaan bencana. Untuk melaksanakan tugas tersebut, Kelompok Unsur Penanganan Bencana mempunyai fungsi melaksanakan sebagian tugas Kepala Bidang Perlindungan, Jaminan Sosial dan Kebencanaan dalam penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pengoordinasian, pembinaan, pengawasan, pengendalian, pengelolaan, fasilitasi, evaluasi dan pelaporan kegiatan di Kelompok Unsur Penanganan Bencana.

B. URAIAN TUGAS :

  1. menyusun Renja berdasarkan Renstra, Renja dan sumber data yang ada untuk digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas.
  2. mengoordinasikan penyusunan kebijakan teknis operasional kelompok unsur berdasarkan skala prioritas untuk pedoman pelaksanaan tugas
  3. melaksanakan pendayagunaan tagana serta relawan sosial pada saat tanggap darurat.
  4. melaksanakan pemulihan trauma dan dukungan psikososial bagi korban bencana;
  5. melaksanakan penyediaan bantuan permakanan, sandang dan tempat penampungan pengungsi korban bencana;
  6. melaksanakan penyelenggaraan pemberdayaan masyarakat terhadap kesiapsiagaan bencana melalui koordinasi, sosialisasi dan pelaksanaan kampung siaga bencana.;
  7. melaksanakan penanganan khusus bagi kelompok rentan korban bencana;
  8. melaksanakan inventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan kebencanaan, serta menyajikan alternatif pemecahannya;
  9. melaksanakan kerjasama dengan instansi terkait dalam rangka mendukung pelaksanaan kegiatan kedinasan untuk mendukung pelaksanaan tugas;
  10. menyiapkan bahan dan menyusun konsep sop kegiatan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik;
  11. melaksanakan pengendalian, monitoring dan evaluasi kegiatan berdasarkan rencana dan realisasinya untuk mengetahui tingkat pencapaian dan bahan pengambilan keputusan pimpinan;
  12. menyelia penyiapan bahan penyusunan LKJ, LKPJ, LPPD, dan laporan kedinasan lainnya di bidang ketugasan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk ketepatan laporan instansi;
  13. mengawasi dan memotivasi bawahan untuk meningkatkan produktivitas kerja, pengembangan karier, serta kualitas kinerja;
  14. memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan dalam rangka pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah di bidang ketugasan;
  15. memaraf naskah dinas sesuai tugas dan kewenangannya untuk keabsahan naskah dinas di bidang ketugasan;
  16. membuat laporan pelaksanaan tugas sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku sebagai pertanggungjawaban dan bahan rencana yang akan datang; dan
  17. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai bidang tugasnya dengan penuh tanggungjawab;

 

Tentang Kami

Kami memiliki komitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada Anda dan selalu berusaha untuk menyediakan produk dan layanan terbaik yang Anda butuhkan.

Lokasi kantor

Jalan Jendral Ahmad Yani, Procot, Tegal, Procot, Kec. Slawi, Tegal, Jawa Tengah 52412

(0283) 491379

dinsoskabtegal@gmail.com