Permohonan Surat Keterangan DTKS melambung tinggi ditengah Pendaftaran PPDB Online

By Dinas Sosial Kab. Tegal 22 Jun 2022, 18:23:13 WIB
Permohonan Surat Keterangan DTKS melambung tinggi ditengah Pendaftaran PPDB Online

Gambar : Masyarakat Kabupaten Tegal mengantri di Sekretariat SLRT Trengginas Kabupaten Tegal untuk mendapatkan surat Keterangan terdaftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Reaktifasi Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Pelayanan yang dibutuhkan.


Slawi, 22/06/2022 - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)  Jawa Tengah untuk jenjang SMA/SMK tahun 2022 dilaksanakan secara online dan  terbagi menjadi beberapa jalur  yaitu Afirmasi, Zonasi, Prestasi, dan Perpindahan Orang Tua . Salah satu jalur Pendaftaran yaitu Jalur Afirmasi  dimana harus mencantumkan Surat Keterangan Terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang hanya Bisa dikeluarkan oleh Dinas Sosial Kabupaten Tegal. Jalur ini sebagai salah satu  Langkah  para Orang Tua dan Anaknya agar bisa masuk ke Sekolah yang di inginkan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal melalui Sekretaris Dinas Abdul Basit SST menjelaskan  bahwa permohonan Surat Keterangan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) melambung tinggi ditengah ramainya proses Pendaftaran PPDB Online Jawa Tengah. Surat ini sebagai salah satu persyaratan pendaftaran pada jalur Afirmasi.

“ Diperkirakan mulai tanggal 13 Juni 2022 sampai hari ini setiap hari  permohonan Keterangan terdaftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial  mencapai 75 pemohon. Hal ini tentu melambung tinggi dari hari biasanya yang hanya 5 – 10 pemohon ” tambah Basit.

Adapun Persyaratan untuk mendapatkan Surat Keterangan terdaftar dalam DTKS dari Dinas Sosial yaitu  Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Desa dengan mencantumkan ID_DTKS dan melampirkan fotokopi Kartu Keluarga.

Salah satu Petugas Pelayanan di Sekretariat SLRT Trengginas Kabupaten Tegal Faiz Hanif menambahkan bahwa tidak sedikit masyarakat yang belum terdaftar dalam DTKS datang dan meminta Surat Keterangan DTKS. Setelah kami cek terlebih dahulu belum masuk kemudian  kami arahkan untuk menemui Operator Data Desa agar diusulkan kedalam  Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Adapun penerbitan surat keterangan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial di Dinas Sosial Kabupaten Tegal tidak dipungut biaya (Gratis) dan proses untuk penerbitan Surat Keterangan DTKS nya dengan waktu sejak pengajuan kurang lebih 2 hari karena harus di Cetak di SIKS – NG dan juga harus di Tanda Tangani oleh Kepala Dinas atau Pejabat yang berwenang.

“Para Pemohon Surat Keterangan terdaftar DTKS hendaknya mengurus sendiri ke Sekretariat SLRT Trengginas Kabupaten Tegal yang bertempat  di gedung belakang Dinas Sosial Kabupaten Tegal. Karena semua pelayanan sangat mudah, gratis dan masyarakat Kabupaten Tegal bisa mengetahui alur / mekanisme pelayanan serta pendaftaran DTKS yang saat ini banyak di tanyakan masyarakat “  harap Abdul  Basit.




Berita Terpopuler

Informasi

BDT

Basis Data Terpadu

“ Basis Data Terpadu (BDT) adalah sistem data elektronik berisi data nama dan alamat yang memuat informasi sosial, ekonomi, dan demografi dari individu dengan status kesejahteraan terendah di Indonesia. ”

Periksa NIK, apakah sesuai dengan Data Kependudukan

LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik)

KEMENSOS RI

(Kementerian Sosial Republik Indonesia)

DINSOS PROV JATENG

(Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah)

Pemda Kab Tegal

(Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal)

Tentang Kami

Kami memiliki komitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada Anda dan selalu berusaha untuk menyediakan produk dan layanan terbaik yang Anda butuhkan.

Lokasi kantor

Jalan Jendral Ahmad Yani, Procot, Tegal, Procot, Kec. Slawi, Tegal, Jawa Tengah 52412

(0283) 491379

dinsoskabtegal@gmail.com