773 Penerima Manfaat Mendapatkan Bantuan Atensi Kemensos RI

Dinas Sosial Kabupaten Tegal menerima secara simbolis bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI)

773 Penerima Manfaat Mendapatkan Bantuan Atensi Kemensos RI

SLAWI – Kementerian Sosial RI melalui Sentra Terpadu Kartini di Temanggung menyerahkan secara simbolis bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Kepada Pemerintah Kabupaten Tegal di Aula Dinas Sosial Kabupaten Tegal (06/07). Bantuan Atensi tersebut diserahkan kepada penyandang disabilitas dan lanjut usia di Kabupaten Tegal.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal, Iwan Kurniawan, AP, MM dalam laporannya menyampaikan.
“Bantuan Atensi yang kami terima dari Sentra Terpadu Kartini Temanggung antara lain bantuan kewirausahaan yang diberikan kepada 46 penyandang disabilitas dan 42 lanjut usia, bantuan pemenuhan hidup layak berupa paket sembako yang diberikan kepada 350 penyandang disabilitas dan 300 lanjut usia serta bantuan alat bantu aksesibilitas kursi roda yang diberikan kepada 35 penyandang disabilitas. Jumlah total bantuan yang diterima adalah senilai Rp 778.690.000,-"

Lebih lanjut Iwan menyampaikan, sebelumnya Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Dinas Sosial Kab. Tegal telah mengajukan usulan bantuan modal usaha, bantuan alat bantu serta bantuan sembako/pemenuhan hidup layak kepada Sentra Terpadu Kartini Temanggung.

“Data usulan tersebut berasal dari usulan pemerintah desa dan masyarakat.” Lanjut Iwan.
Kepala Bagian Tata Usaha Sentra Terpadu Kartini Temanggung mewakili Kepala Sentra Terpadu Kartini Temanggung dalam sambutannya menyampaikan, “Bantuan Atensi ini merupakan bantuan Atensi Triwulan II, sebelumnya pada Triwulan I juga telah disalurkan bantuan Atensi ke Kabupaten Tegal dengan nilai total Rp. 261.286.000,-. untuk 390 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) disabilitas dan kelompok rentan. Sehingga total bantuan yang telah diberikan Kementerian Sosial RI kepada Kabupaten Tegal adalah sebesar Rp. 1.039.976.000,-.” Ujar Hendra.

“Data yang ada bersumber dari ajuan Dinas Sosial Kabupaten Tegal dan Sistem Asesmen Terintegrasi (SAT) Sentra Terpadu Kartini Temanggung.” Selanjutnya Bupati Tegal, Dra. Hj. Umi Azizah menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kementerian Sosial RI yang telah memberikan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) kepada difabel dan lansia di Kabupaten Tegal.

“Mudah-mudahan melalui bantuan ini saudara-saudara kita penyandang disabilitas dan lansia bisa terus berdaya, mandiri secara ekonomi, dan sosial di masyarakat.” Bupati Tegal juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Dinas Sosial Kabupaten Tegal dan semua pihak yang juga ikut membantu sehingga bantuan Atensi ini dapat disalurkan dengan lancar.

“Saya titip pesan, kepada kawan-kawan di Dinas Sosial untuk memfasilitasi pendampingan kepada penyandang disabilitas juga lansia sampai mereka benar-benar mampu menangkap peluang bisnis dan potensi usaha baru. Sehingga penyaluran bantuan Atensi ini tidak hanya berhenti di sini. Dan tentunya ini juga memerlukan dukungan dari masyarakat dan sektor swasta melalui tanggung jawab sosial perusahaan.” Tutup Umi.

Kegiatan penyaluran bantuan ATENSI ditutup dengan simbolis penyerahan bantuan kewirausahaan kepada 3 lanjut usia dan 5 penyandang disabilitas. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan pemenuhan hidup layak kepada 5 lanjut usia dan 5 penyandang disabilitas.

#Sosial
SHARE :
LINK TERKAIT