Peran Aktif Pemuda, Generasi Penerus Bangsa

Oleh : Mochamad Fatchan Chasani, M. Pd

Pemuda merupakan generasi yang penuh dengan semangat, generasi penerus dan generasi yang sangat identik dengan perubahan. Pemuda menunjukan dirinya sebagai generasi yang memiliki inisiatif-inisiatif di dalam membangun bangsa. Inisiatif tersebut dapat dilihat dari peran aktif pemuda sebagai kader bangsa yang berjuang dengan gagah berani membela bangsa sampai pada titik darah penghabisan. Hal ini dapat dilihat dari pemuda-pemuda yang telah mencoretkan namanya di dalam sejarah pada masa perjuangan melawan penjajah. Pemuda-pemuda itu adalah Ir. Soekarno, Muh. Hatta, Bung Tomo, Sultan Syahrir dan pemuda-pemuda lainnya.

Cerminan pemuda dapat dilihat dari adanya bentuk nasionalisme yang telah ditunjukan. Namun bagaimanakah peran pemuda saat ini yang telah melewati masa penjajahan dan pergolakan melawan penjajah?. Apakah sampai disini peran pemuda yang hanya dapat ditunjukan oleh pemuda-pemuda pada masa perjuangan? Dan rasa nasionalisme pemuda sekarang seolah-olah pudar ditelan oleh peradaban yang semakin maju dan canggih.

Peran aktif pemuda dewasa ini dapat ditunjukan melalui berbagai bentuk. Peran aktif pemuda dapat digambarkan sebagai berikut:

1. Pemuda Sebagai Generasi Penerus Bangsa

Generasi penerus disini mengandung makna bahwa pemuda merupakan generasi yang mampu meneruskan nilai-nilai bangsa dan memegang teguh idealisme bangsa. Nilai tersebut harus tetap dijunjung tinggi oleh bangsa dengan bertolak pada kebenaran akan nilai-nilai yang menjadi idealisme bangsa dan bukan pada penguatan atas nilai-nilai yang hanya mementingkan unsur pragmatis semata, namun lebih kepada kebenaran yang mutlak.

Nilai-nilai yang harus tetap dijaga dan diteruskan oleh para pemuda adalah nilai-nilai yang luhur dan merupakan kepribadian bangsa. Nilai-nilai tersebut seperti kejujuran, keramahan dan kesigapan serta nilai-nilai lainnya.

2. Pemuda Sebagai Generasi Pengganti

Pemuda merupakan generasi yang penuh dengan semangat baru dalam membangun bangsa. Hal ini merupakan pernyataan mutlak dan menjadi sesuatu yang dapat dipahami secara mudah bahwa pemuda adalah generasi pengganti. Generasi pengganti mengandung artian bahwa pemuda merupakan aset bagi terbentuknya generasi-generasi yang tangguh dengan berbagai kemampuan yang dimiliki. Kemampuan tersebut meliputi jiwa dan raga yang kuat dengan disertai akhlak mulia.

Pemuda sebagai generasi pengganti sudah seharusnya menggali segala ilmu dan menjadi manusia yang tangguh dalam profesionalitas serta kedekatan dengan masyarakat yang terus dibangun. Hal ini tentunya harus dilakukan secara berkesinambungan dengan terus mempelajari berbagai hal yang telah terjadi pada generasi sebelumnya dan menjadikannya sebagai bahan koreksi untuk membangun diri.

3. Pemuda Sebagai Generasi Pembaharu

Pemuda adalah generasi dengan berbagai inisiatif dan sangat inovatif dalam membentuk segala sesuatunya. Pemuda sebagai generasi pembaharu dapat diartikan bahwa pemuda merupakan manusia-manusia yang menjadi agen dalam tercapainya perubahan-perubahan. Perubahan tersebut bersifat baru yang memiliki arti bahwa perubahan itu adalah perubahan dalam mengatasi berbagai persoalan menyangkut masyarakat sampai pada bangsa ini.

Pembaharu bangsa adalah pemuda yang terus berkontribusi dalam menciptakan perubahan-perubahan menuju bangsa yang adil, makmur dan sejahtera. Perubahan yang dilakukan pemuda bertolak pada ideologi yang benar.

4. Pemuda Sebagai Semangat Bangsa

Sebuah pepatah mengatakan bahwa semangat akan bangkit dari generasi-generasi baru. Generasi baru tersebut adalah pemuda yang dengan gagah berani telah menunjukan dan memberikan pengaruh kuat dalam mengobarkan semangat kebangsaan. Semangat bangsa yang lahir dari pemuda merupakan wujud dari kemampuan yang diusung para pemuda. Kemampuan tersebut meliputi kemampuan fisik yang tergolong muda dan kuat, kemampuan intelektual yang terus berkembang dan terbuka dengan hal-hal baru serta yang paling dominan adalah kemampuan emosional dalam membangkitkan semangat baru.


Reverensi :
Nur Istiqomah, Gita.(2010). Makalah Peran Pemuda, Permasalahan dan Tantangannya. Sulawesi Utara


#Sosial
SHARE :
Berikan Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
LINK TERKAIT