KPM Program Sembako dan PKH Wajib Menunjukkan Kartu Vaksin Covid-19

By Dinas Sosial Kab. Tegal 18 Nov 2021, 16:54:02 WIB
KPM Program Sembako dan PKH Wajib Menunjukkan Kartu Vaksin Covid-19

Gambar : Dinas Sosial Kab Tegal melakukan Monev di salah satu agen/ ewarung di Desa Wangandawa yang menyelenggarakan vaksinasi di sekitar tempat penyaluran bansos sembako (15/11/2021).


Sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mendukung percepatan vaksinasi covid 19 maka diwajibkan kepada penerima bansos sembako dan PKH di Kabupaten Tegal untuk dapat menunjukan kartu vaksin covid 19 minimal dosis 1. Apabila tidak dapat menunjukkan kartu vaksin, maka KPM akan mendapatkan sanksi mulai dari penundaaan pemberian bantuan hingga denda. Hal tersebut telah dijelaskan dalam surat edaran dari Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Nomor 460/09/A. 3573.

"Dikecualikan untuk beberapa warga yang karena alasan medis tertentu tidak bisa mendapatkan/melakukan vaksinasi  covid 19, maka dapat menunjukkan surat keterangan dari dokter atau fasilitas kesehatan", tambah Nurhayati selaku kepala Dinas Sosial Kab Tegal.

Melalui kegiatan monitoring dan evaluasi bantuan sembako Dinas Sosial dapat memantau secara langsung E waroeng/agen yang melaksanakan penyaluran bansos dengan syarat KPM mampu menunjukkan kartu vaksin covid 19.

Dinas Sosial Kab Tegal melakukan monev salah satunya di agen/ ewarung di Desa Wangandawa yang menyelenggarakan vaksinasi di sekitar tempat penyaluran bansos sembako.
"Kepala Desa Wangandawa berkoordinasi dengan Camat Talang kemudian bekerjasama dengan Puskesmas Wangandawa untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi covid 19 bersamaan dengan kegiatan penyaluran sembako. Sehingga bagi KPM yang belum vaksin dapat sekaligus melakukan vaksin dan mengambil bantuan sembako", ujar TKSK Talang (Haris)

Kegiatan ini merupakan salah satu terobosan untuk mempercepat gerakan vaksinasi melalui KPM penerima bantuan sosial. Selain itu juga berdampak pada kesadaran KPM akan pentingnya vaksin covid 19.

Sebagai tangan panjang Dinas Sosial maka dibutuhkan kekuatan dari pilar-pilar sosial seperti TKSK, Pendamping PKH dan Fasilitator SLRT guna mengawal kegiatan vaksinasi bagi KPM. Selain itu kerjasama antar instansi yang baik juha merupakan salah satu kunci dalam mempercepat upaya vaksinasi covid 19 di Kabupaten Tegal.




Berita Terpopuler

Informasi

BDT

Basis Data Terpadu

“ Basis Data Terpadu (BDT) adalah sistem data elektronik berisi data nama dan alamat yang memuat informasi sosial, ekonomi, dan demografi dari individu dengan status kesejahteraan terendah di Indonesia. ”

Periksa NIK, apakah sesuai dengan Data Kependudukan

LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik)

KEMENSOS RI

(Kementerian Sosial Republik Indonesia)

DINSOS PROV JATENG

(Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah)

Pemda Kab Tegal

(Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal)

Tentang Kami

Kami memiliki komitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada Anda dan selalu berusaha untuk menyediakan produk dan layanan terbaik yang Anda butuhkan.

Lokasi kantor

Jalan Jendral Ahmad Yani, Procot, Tegal, Procot, Kec. Slawi, Tegal, Jawa Tengah 52412

(0283) 491379

dinsoskabtegal@gmail.com