Penyaluran Bantuan Sosial bagi 50 Lanjut Usia di Kabupaten Tegal

By dinas sosial kab.tegal 18 Jan 2020, 12:14:10 WIB
Penyaluran Bantuan Sosial bagi 50 Lanjut Usia di Kabupaten Tegal

 

Kementerian Sosial RI melalui Dinas Sosial Kab. Tegal  menyalurkan Program Bantuan Sosial Bertujuan Lanjut Usia (Bantu LU) kepada 50  warga lanjut usia di Kabupaten Tegal guna mencukupi kebutuhan dasar mereka .

 

Bansos ini dari Kementerian Sosial diberikan kepada Lanjut Usia Tidak Potensial, tinggal sendiri/ hanya bersama pasangan di rumah tangga non keluarga (Bukan penerima PKH) .

 

“Program Bantu Lu ini berasal dari APBN untuk memberikan bantuan pemenuhan kebutuhan dasar para Lansia”, Ungkap Kepala Dinas Sosial Dra. Nurhayati MM. Bantuan ini bersifat stimulan, dan setiap penerimaan bantuan para lansia mendapatkan uang sebesar Rp.1,2 juta untuk 4 (empat) bulan pencairan.

 

Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Kab. Tegal, Faticha menjelaskan Kabupaten Tegal mendapatkan Program Bantu LU untuk 50 Lanjut Usia tersebar di Kec. Pangkah, Jatinegara, Balapulang, Lebaksiu, dan Margasari. Pada tahap pertama pencairan hanya 44 (empat puluh empat) Lansia yang dicairkan karena ada Lansia yang sudah meninggal dunia dan mendapat program PKH. Sehingga kita carikan pengganti dan di tahap kedua pencairan ini Kab. Tegal bisa mencairkan bansos tersebut untuk 50 lansia.

 

Kriteria penerima Bantu Lu antara lain seorang yang telah berusia 60 tahun atau lebih, tidak mampu, tinggal sendiri atau bersama pasangan dan keluarga tapi tidak memiliki penghasilan tetap, tidak potensial bekerja, bukan penerima PKH (Program Keluarga Harapan). Kemensos RI juga menyediakan petugas pendamping dan wali asuh untuk optimalisasi pemanfaatan bantuan program Bantu LU ini.

 

Pemerintah Kabupaten Tegal  sangat mendukung Program Bantu LU dari Kemensos RI, karena manfaat dari program ini dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan menyentuh langsung masyarakat. Kedepan diusahakan jumlah penerima Bantu LU di Kab. Tegal dapat terus meningkat dan bertambah agar semua lansia yang layak untuk dibantu dapat tercover. Dengan program Bantu LU ini, lansia dapat mempertahankan kesejahteraan sosialnya.

 

Kabupaten Tegal peduli !!!!!!!!

 




Dinsos Semprot Desinfektan di Lingkup Kerja

🕔22:01:15, 24 Mar 2020 - Oleh : dinas sosial kab.tegal

Selasa (03/24) Dinas Sosial Kab. Tegal melakukan penyemprotan secara mandiri desinfektan di lingkup Dinsos Kab. Tegal guna . . . 0

Dinsos Kab. Tegal Kirim Bantuan Logistik Warga Terdampak Angin Puting Beliung Kec. Pagerbarang

🕔17:34:00, 10 Mar 2020 - Oleh : dinas sosial kab.tegal

      Selasa (10/03), Dinas Sosial Kab. Tegal melalui bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial salurkan bantuan . . . 0

Susun Program Kerja 2021, Dinsos adakan Rapat Forum Organisasi Perangkat Daerah

🕔13:40:46, 04 Mar 2020 - Oleh : dinas sosial kab.tegal

Dalam rangka penyusunan Program Kerja Tahun Anggaran 2021, Dinas Sosial menyelenggarakan Rapat Forum Organisasi Perangkat Daerah . . . 0

Distribusi Bantuan Korban Rumah Roboh di Desa Randusari

🕔08:20:04, 23 Feb 2020 - Oleh : dinas sosial kab.tegal

  Dinas Sosial melalui Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial menyalurkan bantuan logisitik untuk meringankan beban . . . 0

Pasca layanan kesehatan, 2 penyandang disabilitas mental ditampung di rumah singgah Trengginas

🕔20:15:01, 03 Feb 2020 - Oleh : dinas sosial kab.tegal

Dua warga Kabupaten Tegal Penyandang Disabilitas Mental ditampung di Rumah Singgah Trengginas. Latipah dari Desa Pendawa RT 02 . . . 0