FDS: Peran Pendamping Sosial PKH dalam menciptakan Kewirausahaan Sosial bagi KPM

By dinas sosial kab.tegal 06 Mar 2020, 10:41:55 WIB
FDS: Peran Pendamping Sosial PKH dalam menciptakan Kewirausahaan Sosial bagi KPM

Dinas Sosial mengadakan kegiatan Bimtek Pemantapan FDS (Family Development Session) khusunya yang berkaitan dengan modul pengelolaan keuangan sesi memulai usaha pada 5 Maret 2020. Acara yang dihadiri oleh SDM PKH Kabupaten Tegal sejumlah 206 orang diadakan di Aula Dinas Sosial yang telah di buka langsung oleh Kepala Dinas sosial Dra. Nurhayati, MM.

Pada kegiatan kali ini dihadiri narasumber dari Dinas Sosial Provinsi dan Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM sebagai pemateri. Materi yang disampaikan pertama yaitu oleh  Suhinarso, SH. MM selaku Kepala Bidang UKM yang memberikan materinya terkait penanggulangan kemiskinan melalui Kewirausahaan Sosial. 
Prioritas dalam memfasilitasi UMKM di Kabupaten Tegal diantaranya yaitu memfasilitasi pendaftaran izin usaha mikro melalui OSS (Online Single Submission), memfasilitasi kegiatan peningkatan kemitraan usaha bagi UMKM, menyelenggarakan kegiatan sertifikasi halal produk makanan dan minuman bagi UMKM dan menyelenggarakan kegiatan pelatihan usaha produktif dan kewirausahaan. 

Pada pemberian materi diawal peserta yang hadir sangat aktif dan banyak yang bertanya mengenai program tersebut dan bagaimana cara mengaksesnya. Pendamping sosial PKH yang saat ini sedang melakukan Graduasi KPM baik yang mandiri dan sejahtera mengharapkan bahwa bisa mengakses program pemerintah agar terciptanya UKM-UKM di daerah Kabupaten Tegal. Kegiatan ini juga sejalan dengan program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) agar dapat mengakses dinas terkait dalam mengembangkan usaha KPM. 

Dinas Sosial Provinsi yang juga memberikan materi disampaikan oleh Didik Prawata selaku Kasie Jaminan Sosial dengan tema Peran Pendamping PKH dalam Pemberdayaan Masyarakat Miskin. Peran pendamping PKH digambarkan sebagai motivator, enabler, fasilitator dan Katalisator. Peran dalam memberikan motivasi kepada KPM dalam langkah memulai usaha, enabler/pemungkin pendamping PKH berperan dengan adanya potensi yang ada di KPM dapat di arahkan sehingga berjalan, fasilitator dalam hal ini sebagai penjebatan KPM yang memiliki kemauan dan potensi untuk menuju cita-citanya terutama membantu dalam mengakses sumber dan yang terakhir pendamping PKH berperan sebagai katalisator untuk menstimulis atau memotivasi kegiatan yang ada di kelompok KPM dalam rangka pemberdayaan masyarakat. 

Harapanya dengan kegiatan ini, ilmu baru bagi pendamping PKH sesuai dengan arahan Menteri Sosial bahwa tahun 2020 sebagai tahun pemberdayaan dapat sejalan sehingga graduasi KPM PKH dapat berkualitas dan terciptanya kewirausahaan sosial.


Hilda Khoirunnisa 
Peksos PKH Kabupaten Tegal




Dinsos Semprot Desinfektan di Lingkup Kerja

🕔22:01:15, 24 Mar 2020 - Oleh : dinas sosial kab.tegal

Selasa (03/24) Dinas Sosial Kab. Tegal melakukan penyemprotan secara mandiri desinfektan di lingkup Dinsos Kab. Tegal guna . . . 0

Dinsos Kab. Tegal Kirim Bantuan Logistik Warga Terdampak Angin Puting Beliung Kec. Pagerbarang

🕔17:34:00, 10 Mar 2020 - Oleh : dinas sosial kab.tegal

      Selasa (10/03), Dinas Sosial Kab. Tegal melalui bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial salurkan bantuan . . . 0

Susun Program Kerja 2021, Dinsos adakan Rapat Forum Organisasi Perangkat Daerah

🕔13:40:46, 04 Mar 2020 - Oleh : dinas sosial kab.tegal

Dalam rangka penyusunan Program Kerja Tahun Anggaran 2021, Dinas Sosial menyelenggarakan Rapat Forum Organisasi Perangkat Daerah . . . 0

Distribusi Bantuan Korban Rumah Roboh di Desa Randusari

🕔08:20:04, 23 Feb 2020 - Oleh : dinas sosial kab.tegal

  Dinas Sosial melalui Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial menyalurkan bantuan logisitik untuk meringankan beban . . . 0

Pasca layanan kesehatan, 2 penyandang disabilitas mental ditampung di rumah singgah Trengginas

🕔20:15:01, 03 Feb 2020 - Oleh : dinas sosial kab.tegal

Dua warga Kabupaten Tegal Penyandang Disabilitas Mental ditampung di Rumah Singgah Trengginas. Latipah dari Desa Pendawa RT 02 . . . 0