Fasilitator SLRT TRENGGINAS Respon Aduan Masyarakat

By dinas sosial kab.tegal 22 Jan 2020, 16:52:29 WIB
Fasilitator SLRT TRENGGINAS  Respon Aduan Masyarakat

Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) adalah sistem yang membantu mengidentifikasi kebutuhan masyarakat miskin dan rentan miskin, kemudian menghubungkan mereka dengan program dan layanan yang dikelola oleh pemerintah (Pusat, Provinsi dan Kabupten/Kota) dan non-pemerintah sesuai dengan kebutuhan mereka. SLRT juga membantu mengindentifikasi keluhan masyarakat miskin dan rentan miskin, melakukan rujukan, dan memantau penanganan keluhan untuk memastikan bahwa keluhan - keluhan tersebut ditangani dengan baik.

Adanya aduan dari Eko Budi Santoso Alamat Desa Randusari RT 08 RW 01 Kec. Pagerbarang Kab. Tegal terkait permohonan rehabilitasi sosial bagi Eks Psikotik ke Panti Rehabilitasi sosial. Fasilitator Tim SLRT Trengginas Kabupaten Tegal melaksanakan penjangkauan terhadap aduan masyarakat tersebut. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menjangkau dan memberikan pelayanan awal bagi Penyandang Disabilitas Mental.

“Siti Aisyah (45) Eks Psikotik dari desa Randusari RT 08 / 01 Kec. Pagerbarang Kab. Tegal hidup di rumah yang masih berlantai tanah, tidak ada peralatan rumah tangga  hanya ada tempat tidur tanpa kasurnya. Untuk kamar mandi juga tidak ada, setiap hari makan berharap belas kasihan tetangga dan keluarga sekitar karena anaknya belum bekerja. Pemerlu Pelayanan hanya tersentuh bantuan bpjs kesehatan dari pemerintah “ ungkap fasilitator SLRT Kec. Pagerbarang .

Ditempat yang sama, Eko Budi Santoso anak dari Pemerlu Pelayanan mengatakan bahwa Ibunya sudah mengalami gangguan jiwa selama 5 tahun. Sudah berobat ke rumah sakit jiwa sebanyak 3 (tiga) kali yang terahir berobat pada bulan Desember 2019. Ibu saya sering pergi meninggalkan rumah tetapi masih bisa pulang ke rumah lagi.

Eko berharap kepada Dinas Sosial untuk bisa merujuk Ibu saya mengikuti pelayanan rehabilitasi sosial dan saya ingin bekerja serta mencari modal usaha untuk buka usaha di sini agar bisa merawat ibu saya setelah selesai masa rehabilitasinya.




Distribusi Bantuan Korban Rumah Roboh di Desa Randusari

🕔10:27:54, 21 Feb 2020 - Oleh : dinas sosial kab.tegal

  Dinas Sosial melalui Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial menyalurkan bantuan logisitik untuk meringankan beban . . . 0

Pasca layanan kesehatan, 2 penyandang disabilitas mental ditampung di rumah singgah Trengginas

🕔20:15:01, 03 Feb 2020 - Oleh : dinas sosial kab.tegal

Dua warga Kabupaten Tegal Penyandang Disabilitas Mental ditampung di Rumah Singgah Trengginas. Latipah dari Desa Pendawa RT 02 . . . 0

Hasil Razia PGOT dititipkan ke Rumah Singgah Trengginas

🕔09:34:55, 05 Feb 2020 - Oleh : dinas sosial kab.tegal

Sebanyak 11 (sebelas) Pengemis Gelandangan Orang Terlantar (PGOT) terjaring razia Tim Gabungan, Selasa (28/1). Operasi Gabungan . . . 0

Kabupaten Tegal Banjir, Dinas Sosial Buka Dapur Umum

🕔01:50:00, 02 Feb 2020 - Oleh : dinas sosial kab.tegal

    Minggu (26/01/2020), Pasca hujan deras yang cukup lama mengguyur wilayah Kabupaten Tegal pada Sabtu malam . . . 0

Dinas Sosial ikuti Video Conference Program Sembako 2020

🕔14:52:34, 28 Jan 2020 - Oleh : dinas sosial kab.tegal

    Senin, (20/01/2020). Bertempat di Bank Indonesia Kota Tegal, Kepala Dinas Sosial Kab. Tegal Dra. Nurhayati, MM . . . 0