Cegah pandemi COVID-19, Pelatihan Menjahit untuk 20 Difabel Slawi Dipercepat

By dinas sosial kab.tegal 24 Mar 2020, 19:37:56 WIB

Pelatihan keterampilan menjahit untuk 20 peserta dari Difabel Slawi Mandiri (DSM) terpaksa dipercepat. Hal ini terkait dengan upaya pencegahan penularan virus corona (Covid-19) yang kini gencar dilakukan di Kabupaten Tegal.
Menurut Indra Era Vani dari DSM, pelaksanaan kegiatan tersebut semula dijadwalkan selama 30 hari, namun dari Dinas Sosial Kab Tegal mempercepat menjadi 19 hari.
Pelatihan ditutup pada Selasa (24/3/2020) dengan pemberian bantuan 20 mesin jahit kepada peserta di Loka Bina Karya (LBK).
\"Penutupan pelatihan untuk dipindahkan belajar mandiri di rumah masing-masing dengan bantuan mesin jahit di LBK 20 siswa binaan dari difabel\" kata Indra.
Percepatan pelatihan, lanjut Indra, menyikapi  situasi penanganan penularan virus corona yang dipandang perlu melakukan langkah-langkah antisipasi.
\"Termasuk mengurangi kerumunan kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang, maka pelatihan menjahit difabel ditutup,\" jelasnya.
Setelah dilakukan penutupan dengan bantuan mesin jahit, lanjut Indra, masing-masing peserta diharapkan tetap berlatih di rumah masing-masing.
Narasumber pelatih dari LPK Henita mengawal anak dengan melalui komunikasi online agar bisa memantau perkembangan peserta pelatihan
\nDikatakan, setelah kondisi stabil akan dilanjutkan materi sesuai kurikulum yang ditetapkan dalam rencana kegiatan.
\"Harapannya kegiatan pelatihan ini bermanfaat untuk membekali peserta dengan ketrampilan sehingga bisa mendapatkan kegiatan usaha produktif atau bekerja di industri garmen sehingga bisa mendapatkan penghasilan untuk  kemandirian keluarga masing-masing\" katanya.
Menyikapi situasi penangaan virus corona dipandang perlu melakukan langkah-langkah antisipasi, termasuk mengurangi kerumunan  kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak orang, oleh sebaab itu pelatihan menjahit difabel ditutup sementara setelah 19 hari dilanjutkan belajar mandiri dengan mesin jahit  yang diberikan  kepada masing-masing peserta, dan diharapkan tetap berlatih di rumah masing-masing dan narasumber pelatih dari LPK Henita mengawal anak melalui grup whatsapp agar dapat memantau perkembangan peserta pelatihan 
Stlh kondisi stabil akan dilanjutkan materi sesuai kurikulum yang ditetapkan dalam rencana
Harapannya, kegiatan pelatihan ini dapat bermanfaat untuk membekali peserta dengan keterampilan sehingga kelak dapat digunakan untuk kegiatan usaha produktif atau bekerja di industri garmen  untuk dapat penghasilan mandiri ataupun untuk keluarga masing-masing peserta. Ujar Kepala Dinas Sosial Kab Tegal, Dra. Nurhayati, MM.

 




Dinsos Semprot Desinfektan di Lingkup Kerja

🕔22:01:15, 24 Mar 2020 - Oleh : dinas sosial kab.tegal

Selasa (03/24) Dinas Sosial Kab. Tegal melakukan penyemprotan secara mandiri desinfektan di lingkup Dinsos Kab. Tegal guna . . . 0

Dinsos Kab. Tegal Kirim Bantuan Logistik Warga Terdampak Angin Puting Beliung Kec. Pagerbarang

🕔17:34:00, 10 Mar 2020 - Oleh : dinas sosial kab.tegal

      Selasa (10/03), Dinas Sosial Kab. Tegal melalui bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial salurkan bantuan . . . 0

Susun Program Kerja 2021, Dinsos adakan Rapat Forum Organisasi Perangkat Daerah

🕔13:40:46, 04 Mar 2020 - Oleh : dinas sosial kab.tegal

Dalam rangka penyusunan Program Kerja Tahun Anggaran 2021, Dinas Sosial menyelenggarakan Rapat Forum Organisasi Perangkat Daerah . . . 0

Distribusi Bantuan Korban Rumah Roboh di Desa Randusari

🕔08:20:04, 23 Feb 2020 - Oleh : dinas sosial kab.tegal

  Dinas Sosial melalui Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial menyalurkan bantuan logisitik untuk meringankan beban . . . 0

Pasca layanan kesehatan, 2 penyandang disabilitas mental ditampung di rumah singgah Trengginas

🕔20:15:01, 03 Feb 2020 - Oleh : dinas sosial kab.tegal

Dua warga Kabupaten Tegal Penyandang Disabilitas Mental ditampung di Rumah Singgah Trengginas. Latipah dari Desa Pendawa RT 02 . . . 0